Diberdayakan oleh Blogger.

Archives

Sabtu, 03 Desember 2016

Tag: ,

#SIP Rancangan Aplikasi Psikologi



Selamat malam...
Untuk para pembaca yang memiliki waktu luang, mungkin bisa dicoba salah satu tes mengenai Agresivitas.
Pada tulisan kali ini saya akan membuat tahapan dalam mengikuti tes mengenai agresivitas. Sebelumnya apa ya agresivitas itu? Myers (dalam Kulsum & Jauhar, 2014) mengatakan tingkah laku agresif adalah tingkah laku fisik atau verbal untuk melukai orang lain. Hal yang senada juga didefinisikan oleh Atkinson dkk (dalam Kulsum & Jauhar, 2014) bahwa agresi sebagai tingkah laku yang diharapkan untuk merugikan orang lain, perilaku yang dimaksud untuk melukai orang lain (baik secara fisik atau verbal) atau merusak harta benda. Berkowitz (1995) juga mengatakan agresi sebagai perilaku sosial yang kompleks karena menyangkut aspek biologis, sosial, dan elemen kognisi. 

Bentuk-Bentuk Agresivitas 
Averiil (dalam Nisfiannoor dan Yulianti, 2005) mengklasifikasikan perilaku agresif dalam bentuk :
a.       Agresivitas langsung yaitu Seseorang langsung mengekspresikan perilaku agresifnya kepada orang yang menyebabkan agresifnya, misalnya dengan berkelahi, menyerang, memukul, menghina, dan mencerca.
b.      Agresivitas tidak langsung yaitu Seseorang secara tidak langsung melakukan agresivitasnya, misalnya dengan menghancurkan barang milik orang lain, menyuruh orang lain melakukan pembalasan, dan secara verbal menyebarkan gosip-gosip.
c.       Agresivitas yang dialihkan (displaced aggression) yaitu Seseorang melakukan agresif, tetapi bukan terhadap orang yang menyakitinya tetapi mengekspresikannya terhadap sasaran pengganti. Ada dua macam agresivitas yang dialihkan yaitu : 
1)       Agresivitas terhadap obyek bukan manusia, misalnya seseorang yang sangat marah akan menyalurkan perasaan tersebut dengan merusak benda-benda yang ada di sekitarnya;
2)      Agresivitas terhadap seseorang, karena adanya figur  otoritas maka ia mencari seseorang yang memiliki kemiripan dengan sasaran untuk melampiaskan kemarahannya, misalnya terhadap adik, kakak, teman, maupun guru.

Berikut Usercase pada sistem pakar :


Tampilan Aplikasi

Pada tampilan awal aplikasi anda langsung dihadapkan dengan pernyataan, dalam hal ini terdiri dari empat pilihan jawaban yaitu sangat setuju; setuju; tidak setuju; dan sangat tidak setuju. Tidak ada pilihan jawaban yang benar, pilihlah yang sesuai dengan anda.




Tampilan Hasil Jika "Sangat Setuju"



Tampilan Hasil Jika "Sangat Tidak Setuju"



 Setelah itu akan mucul penyataan mengenai tingkat Agresivitas yang anda miliki saat mengikuti tes ini.  Demikian rancangan sistem informasi psikologi mengenai Agresivitas. Semoga bermanfaat dan mudah dipaham. 


Sumber :
Berkowitz, L. (1995). Agresi: Sebab & Akibatnya. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.
Kulsum, U. & Jauhar, M. (2014). Pengantar Psikologi Sosial. Penerbit: Prestasi Pustaka Jakarta.
 

About Unknown

Immersed in the wonders of the Words.

0 komentar:

Posting Komentar

 

About

"
Universitas Gunadarma  photo studentsiteicon_zps865e2f28.jpg  photo fak-psi_zps01cc3ba4.jpg
"